Menanak Nasi

Begitu mudahnya sekarang dalam menanak nasi, karena sudah banyak keluarnya alat menanak nasi (race cooker), baik yang biasa hingga yang digital, namun bila kita tidak tahu takaran beras dengan airnya maka hasil nasinya akan berbeda model dan rasanya terlepas dari jenis berasnya.

Dalam menanak nasi memakai race cooker tidak ada hal yang berbeda dengan cara konvensional dalam takaran beras dan airnya, yaitu beras : air adalah, 1 : 1 untuk nasi keras, 1 : 1.5 untuk nasi sedang, dan 1 : 2 untuk nasi lunak.

Untuk kondisi saat
ini betapa kita harus hemat dalam penggunaan daya listrik, dalam menanak nasi model ini ternyata banyak menggunakan daya listrik dari filamen pemanasnya, maka tidak ada salahnya saya tulis cara menanak nasi model konvensional yaitu dengan kompor ataupun dengan kayu.

Menanak nasi model konvensional ada 3 macam: merebus, mengukus dan mengetim.

Merebus (nasi liwet=jawa)

Menanak nasi mo
del ini memakai ketel/periuk atau panci aluminium adalah yang paling saderhana. Takar beras kedalam ketel, cuci beras dan bilas, tambah air sesuai model nasi yang diinginkan dan tutup ketel. Taruh ketel diatas api, setelah air mendidih buka tutup ketel, sesekali nasi di aduk agar merata dan tidak melekat di dinding ketel. Setelah air habis, pasang lagi tutup ketel dan kecilkan api selama 5 - 7 menit. Jika memakai kayu, matikan api tinggalkan baranya saja. Setelah 5 menit buka tutup ketel dan buang uap air yang nempel di tutup ketel.

Mengukus

Untuk cara l
ama menggunakan dandang kuningan dan kukusan bambu, namun saat ini kebanyakan memakai panci kukus alumunium, namun caranya sama. Biasanya dipakai untuk mananak nasi dalm jumlah besar. Pertama rebus beras denga sedikit air hingga air kering. angkat nasi dan di aru. Panaskan air dalam dandang setinggi kukusan hingga mendidih, taruh kukusan di atasnya dan tarus nasi yang sudah di aru di atas kukusan. Tunggu hingga nasi masak.

Mengetim


Caranya masukan beras kedalam panci, tambahkan 400cc air per 100g beras, bisa ditambahkan daging, hati, sayuran dan garam. kemudian masukan panci tim ke panci yg lebih besar yg telah diberi air. usahakan panci tim terendam 2cm dibawah tutup panci, kemudian didihkan airnya. Memasak nasi model ini dapat menghasilkan nasi yang lebih bergisi karena tidak ada zat terbuang.

Dari berbagai macam beras, ada jenis tertentu beras sudah berbau wangi, namun jika tidak dijumpai jenis ini maka bisa ditambahkan beberapa lembar daun pandan wangi, jika merebus atau mengukus dengan panci kukus bisa langsung dicampurkan langsung, dan jika mengukus dengan dandang taruh daun pandan di ujung kukusan bambu.


0 comments:

My Sponsor

DonkeyMails.com: No Minimum Payout